Cerita Melahirkan: Lewat HPL

Assalamu’alaikum! Aku mau cerita kisah pertama melahirkan bulan lalu. Iyaaaa aku uda lahiran!!

Alhamdulillah aku uda jadi ibu sekarang. Heheheh. Kalau di hitung dari hpht, aku melahirkan di minggu 43 which is literally 10 bulan haha tapi karena siklus mens aku panjang jadi si dedeque lahir di minggu 41+2 Taunya darimana? tangal di usg awal.

Oke, begini ceritanya..

Duedate aku dari usg awal itu tanggal 13 Agustus, tapi obgyn aku keukeuh kalo duedate aku awal agustus. Makanya aku mulai ambil cuti seminggu sebelumnya. Njagani kalo lahiran lebih cepat (liat pengalaman teman-teman kantor). Mama uda dateng ke Malang dari tanggal 4. Siap-siap nemenin aku lahiran. Mendekati HPL uda mulai galau, kokkk belom ada tanda-tanda melahirkan yakk?? Mules pun enggak, sakit pinggang panggul pinggul pun enggak, keluar lendir enggak.. bahkan ku masih bisa tidur nyenyak. Aku orangnya gabetah galau hehe jadi aku kepo aku harus ngapain biar ga galau. Aku inget kata-katanya bidan Yesie,

kita takut karena kita nggak tau..karena kurang ilmu!

Jadiii aku banyak baca, aku ubek2 situs-situs kehamilan,  yoga dari yucub dan aku praktekkan semua induksi alami. Makan duren 1 buah sehari, pijat perangsang kontraksi aka oksitosin sama mama, power walk, super awakward sex yang menurut pengalaman teman-temen besoknya langsung lahiran.. di aku ngga ngaruh semuwaa. hiks.

Alhamdulillah, selama masa penantian pak suami sangat sangat mendukung. Nemenin aku jalan kaki, renang, ke dokter, senam & yoga. Aku tau dia juga galau. Tapi kita berdua sepakat untuk terus happy karena mau ketemu adek harus happy gaboleh sad kalo kata kirana heheh. Aku kasih tau ke mas suami apa yang aku mau dari dia. He did that all dan engga panik! jadi kita santai bae sebenernya. yang panik tuh malah mama. Tiap lihat aku santai dikit, disuruhlah aku squatting, padahal baru aja istirahat. Tiap liat aku main gymball, si mama nyuruh lebih kenceng mantul-mantulnya.. dikira trampolin apa wkw.

Tanggal 13 pun berlalu kayak hari biasanya. Mama bahkan sempet bolak-balik Tuban Malang dan cucunya belom juga lahir-lahir. Dari awal aku uda kasih affirmasi positif ke adek. Mulai dari pilih tanggal cantik, lahir di jam segini, pas situasi kaya gini… dan tanggal-tanggal cantik itu terlewat.. akhirnya ku bilang lah ke adek mau lahir kapan aja hayu dek. Yang penting lahir dengan selamat, sehat, normal. Temen-temen uda pada nanyain. Tetangga juga uda harap-harap cemas. Dan uwe masih nggembol perutnya. Tiap pipis cek celana dalam, ngeflek gak ya? Nggak. Pernah disuatu hari kaya ada merah-merah gitu di tangan waktu cebok. Eh sebelum ku amati uda ke banjur duluan ama aer. Uapakah ini sebuah pertanda? Taunya hari gak terjadi apa-apa abis itu -_-

Lalu, aku juga sering mules, sebelum ku berhenti bertanya-tanya apakah ini kontraksi.. ee nya uda pengen keluar. Ternyata bukan. Bahkan ya saking seringnya cek ke bidan, tiap dua hari sekali, uwe ga bayar. Berharap kedatangan selanjutnya adalah pas lahiran taunya masuk ruang periksa masih cengir-cengir. Disuruhlah kami cek ke dokter untuk usg yang lebih canggih. Hmm.. eyk uda jarang ke dokter di bulan terakhir. Eyk takut disuruh operasi, takut ditakut-takuti, dan bisa meracuni pikiran eyk yang mencoba tenang ini.

Tiap mau ke dokter, kaya mau ketemu dospem setelah sekian lama menghindar dan pertemuan sebelumnya karya kita dicoret semua.

Terus pas mencoba ke RS, dua kali ga dapet no antrian dong wkwk gajadi periksa.

Namun pada akhirnya aku harus tetap ketemu dokter, pengen tau berat dedek juga, pengen tau kata dokter sih ini gak apa kah uda mau masuk minggu 42 belom lahir-lahir. Meskipun aku uda tau mereka bakal respon gimana :O

Sabtu, tanggal 18 Agustus setelah keabisan nomer antrian dr halida, aku nyari dokter lain yang kiranya available. Dokter Rahajeng. Belom pernah kesana sama sekali, mayan buat second opinion. Mungkin dia ga se-serem dokter halida heheheu. Namuuunnn tebakan meleset sodara-sodara.. aku malah dimarahin -__- Karena hpl aku ga jelas dan ga bawa record sebelumnya. Sama beliau aku disuruh tindakan selasa depan karena ya udah lewat banget. Senin disuruh balik lagi bawa rekam medis dan bakal dikasih rujukan tindakan. Hmm talaaah.

Apakah aku balik lagi? Tidak. Haha aku percaya adek bisa lahir se alami mungkin.

Pulang ke rumah, ngasih tau mama. Mama makin galau. Lalu disuruhlah kami muhasabah. Mungkin Allah ingin kamu dekat denganNya. Meminta dan berharap sungguh-sungguh sama Allah. Mungkin kamu banyak dosa. Diingat-ingat dosa apa, sama siapa, minta ampunan sama Allah. Wazek adem rasanya.

Gak tau apa yang mendorongku buat tetep harus ke dokter halida, obgyn langganan, baik tapi kalau ngomong blak-blakan banget bikin orang keder. Akhirnya aku dapet no antrian, di hari itu, Selasa 21 Agustus 2018. Paginya, semburat merah tergolek cantik di celana dalemku. Aku langung keluar kamar mandi dan teriak “Maaaa aku ngeflek!”

“Mana sini lihat?” ku tunjukin lah celana dalemku. Absurd sih tapi kalau beneran ini flek, memegang celana dalem itu bagaian piala oscar.

“Iya ini flek. Alhamdulillaah” Teriak mama bagai di panggung Ami Award. Mama sujud sukur. Aku ikut.

Panjang ya… sampe sini belom cerita melahirkan. Wkwk oke aku lanjut di post selanjutnya aja ya, keburu adek bangun hahaha. Aku akan tutup dengan daftar yang ku kerjakan sambil nunggu lahiran yang lewat HPL.

  1. Power walk 30 menit, 2 jam, atau 2 kilo.
  2. Squat dan workout lainnya yang aku liat di ucub untuk merangsang kontraksi. Ada banyak!
  3. Main gymball
  4. Minum yang pocari ion yang gulanya rendah. Biar ketuban bagus (?)
  5. Makan duren
  6. Sesering mungkin bersama suami wkw
  7. Ruqyah perut
  8. Kasih afirmasi positif ke dedek
  9. TETAP TENANG. YAQIN LAHIRAN SESUAI YANG DIHARAPKAN
  10. DO WHATEVER MAKES YOU HAPPY!

ditulis sambil gendong adek pake wrap yang uda gerak-gerak kek ulet keringetan. see you in the next story!!!

Leave a comment